Pulau Misool, Papua barat



Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Pulau ini berada di lepas pantai barat pulau utama Papua dan berbatasan langsung dengan Laut Seram yang menjadi jalur lalu lintas bagi banyak makhluk laut besar, termasuk paus.

Bukan itu saja, pulau seluas 2.034 kilometer (km) persegi ini merupakan rumah bagi situs budaya kuno. Sejumlah petroglif dapat ditemukan pada dinding gua di seluruh pulau yang rata-rata berusia sekitar 5.000 tahun. Sementara, panorama bahari Pulau Misool dihiasi gugusan batu karst dengan ekosistem bawah laut yang terbilang masih lengkap. Hal ini dikarenakan Pulau Misool termasuk bagian dari segitiga karang dunia. Tak heran, aneka jenis ikan hias, penyu, pari dan karang dapat ditemukan.

Untuk mencapai Pulau Misool, kita harus menuju Kota Sorong terlebih dahulu dengan pesawat selama 4 jam. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal motor. Perjalanan laut menuju pulau menghabiskan waktu 4-8 jam. Meski cukup lama, kita seakan tak punya waktu untuk beristirahat sejenak. Pasalnya, di sepanjang perjalanan, kita akan disuguhkan pemandangan menakjubkan alam Misool yang terasa sayang untuk dilewatkan.

Keunikan Pulau Misool adalah adanya deretan batu karang di bagian timur dan indahnya pasir putih dengan pemandangan hutan mangrove hijau yang memesona. Air lautnya juga terlihat cantik dengan warna biru turquoise. Saking beningnya air laut di Pulau Misool, kamu bisa mudah melihat aneka kekayaaan alam di titik penyelamannya, seperti berbagai jenis ikan, hiu, penyu, terumbu karang, dan lain-lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lemukutan Island, Kalimantan Barat

Danau Kelimutu, Nusa Tenggara timur

Nusa Penida, Bali