Lemukutan Island, Kalimantan Barat

 Provinsi Kalimantan Barat adalah provinsi yang terkenal dengan hutan hujan tropisnya yang masih asri, sungai Kapuas yang membentang dari hulu hingga ke hilir, dan juga panorama Danau Sentarum yang merupakan danau rawa terluas di Asia Tenggara. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Kalimantan Barat juga memiliki potensi wisata bahari yang layak dipertimbangkan untuk dikunjungi ketika anda sedang berada di provinsi ini.

Lemukutan Island



Pulau Lemukutan adalah sebuah pulau yang secara administratif terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Kita bisa memulai perjalanan menuju Pulau Lemukutan dari Pontianak menggunakan mobil menuju ke dermaga penyeberangan yang berjarak sekitar 130 Km dengan waktu tempuh sekitar tiga setengah jam. Sesampainya di dermaga terlihat kapal-kapal kayu sederhana yang digunakan untuk mengangkut orang maupun barang dari dan menuju ke Pulau Lemukutan.

Perjalanan dari dermaga menuju ke Pulau Lemukutan memakan waktu sekitar satu jam. Sepanjang perjalanan, kita disuguhi dengan pemandangan pulau-pulau eksotik yang menggugah rasa penasaran karena sebagian besar pulau tersebut tidak berpenduduk. Hembusan angin khas lautan diiringi dengan hempasan ombak kecil membuat kita seolah-olah tidak percaya masih berada di Kalimantan Barat yang lebih dikenal dengan kekayaan alam berupa hutan dan sungai.

Sesampainya di Pulau Lemukutan, kita langsung disuguhi dengan pemandangan air laut sebening kristal yang tak sanggup untuk menyembunyikan keindahan terumbu karang bawah laut yang masih terjaga dengan baik. Sebagian besar pantai di pulau ini ditutupi oleh kerikil halus yang memanjakan kaki ketika kita berjalan di atasnya. Irama pohon kepala yang berayun mengikuti hembusan angin diiringi kicauan burung seakan membuat kita berada di sebuah pulau yang jauh dari peradaban manusia.

Keramahan penduduk Pulau Lemukutan membuat kita merasa nyaman ketika berjalan menelusuri jalan di pulau yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua, karena memang tidak ada mobil yang berkeliaran di pulau ini, dengan panorama terumbu karang bawah laut Pulau Lemukutan yang sukses memanjakan mata dengan variasi warnanya yang beragam disertai ikan Nemo yang biasanya hanya bisa dilihat di kartun fiksi kini hanya berjarak beberapa meter dari hadapan mata kita.

Di Pulau Lemukutan kamu juga dapat snorkeling, bermain kano, makan bersama, membuat acara bersama, bahkan boleh memancing ikan. Ketika malam biasanya orang-orang akan memilih duduk di teras vila sambil mendengarkan musik diiringi suara dari gelombang laut. Kebayang kan betapa damai dan tenangnya. Oleh karena itu buat kamu pengincar tempat liburan dan yang sedang ingin berlibur, coba datang ke destinasi Pulau Lemukutan. Dijamin kamu gak bakal menyesal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Danau Kelimutu, Nusa Tenggara timur

Nusa Penida, Bali